Senin, 16 Juni 2014

Polyfoam " serta Jaring Kawat Baja, Pengganti Beton di Saat Depan



Bermacam penemuan baru di bagian konstruksi mulai bermunculan. Satu diantara material yang telah dipakai serta menarik untuk dikaji yaitu polyfoam serta jaring kawat baja untuk menukar dinding beton. Kombinasi ke-2 material itu tergabung dalam Expanded Polystyrene Sistem (EPS).

EPS dikenalkan di Indonesia dibawah nama dagang M Panel, hasil produksi anak perusahaan PT Modernland Realty Tbk, yakni PT Moderen Panel Indonesia. Material unik itu ada dalam pameran Indobuildtech di Jakarta Convention Center, Jumat (13/6/2014).

Panel EPS terdiri jadi tiga susunan. Sisi tengah panel EPS terbuat dari polistirena (polystyrene) yang dilapis kawat baja anti karat, serta lalu ditutup kembali dengan plaster.

Material polyfoam ada di bagian tengah panel EPS. Material ini dapat didesain dengan kepadatan serta ketebalan sesuai sama keperluan. Pemakainya dapat memperolah panel EPS dengan kepadatan pada 15 hingga 35 kg/m3, dengan ketebalan pada 40 hingga 320mm.

Sesaat itu, jaring kawat baja yang melingkari polyfoam dilapis juga oleh galvanis serta dilas di ke-2 segi panel EPS. Kawat ini sama-sama terhubung. Diameter kawat baja yang dipakai beragam, dimulai dari 2, 5 sampai 3 mm. Kawat baja itu mempunyai kemampuan tarik kian lebih 600 MPA.

Sebenarnya, panel EPS tak kalah kokoh dengan dinding beton. Juga, panel EPS dirancang spesial untuk menahan beban, menahan suhu, serta menahan susunan bangunan. Jadi, walau lebih mudah dari dinding beton, panel EPS lebih kokoh.

Tak heran, panel-panel sejenis itu dapat jadi alternatif di hari esok. Panel ini juga telah dipakai untuk rumah-rumah pribadi serta ritel di sebagian lokasi.

Berdasarkan penjelasan tercatat dari PT Moderen Panel Indonesia, panel mereka telah dipakai untuk rumah pribadi di Pondok Kopi, Kelapa Gading, Tangerang, juga mess atau asrama di Balikpapan, serta ritel di Bandung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar