Minggu, 06 Juli 2014

Supaya Tak Dehidrasi Waktu Berpuasa





Badan tak bisa penuhi semua keperluan airnya sendiri. Oleh karenanya, utama untuk sesuaikan konsumsi air. Sayangnya, ada banyak orang-orang yang belum konsumsi air sesuai sama kebutuhannya. Inilah yang lalu menyebabkan dehidrasi, baik yang mudah, tengah, ataupun berat.

Namun saat tengah berpuasa pasti kita tak dapat penuhi konsumsi air seperti umumnya. Bagaimana supaya tak dehidrasi waktu berpuasa, serta bagaimana sediakan cadangan air sepanjang 12-14 jam?

Waktu berpuasa, sepanjang 12 – 14 jam lambung bakal alami kekosongan. “Saat puasa, kita mesti mempersiapkan cadangan daya untuk seputar 12 – 14 jam itu. Namun bila air saja tak dapat. Pasalnya, demikian diminum, sebentar lalu bakal keluar, ” kata Dr. dr. Saptawati Bardosono, MSc., dari Departemen Pengetahuan Gizi FKUI.

Maka ia merekomendasikan, selekasnya minum air putih demikian berbuka, dilanjutkan dengan meminum minuman manis. “Misalnya, teh manis. Ini bakal menambah kandungan gula darah dengan cepat, namun turunnya juga cepat hingga gampang sekali lapar, ” lanjutnya.

Jadi, sepanjang berpuasa minum air putih untuk menukar cairan yang hilang serta konsumsi kolak atau kurma untuk menukar kekurangan glukosa. “Terpenting, air putih yang pertama masuk, ” imbuhnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar